PENYAKIT KRESEK / BLB


Penyakit Kresek yang di sebab kan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. oryzae merupakan salah satu OPT penting yang terdapat di pertanaman padi. Secara keumuman dikenal dengan nama BLB atau Bacterial Leaf Blight = Penyakit Hawar daun bakteri. Penyakit ini menyebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Dengan sumber penyebaran adalah melalui air. Sehingga kecenderungannya pada musim hujan akan selalu ada. 





Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan penyakit diantaranya adalah pemupukan, kelembaban tinggi, hujan, angin, dan pemupukan N yang berlebihan dapat meningkatkan keparahan penyakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat keparahan 20% sebulan sebelum panen, penyakit sudah mulai menurunkan hasil. Di atas keparahan itu, hasil padi turun 4% tiap kali penyakit bertambah parah sebesar 10%. Kerusakan terberat terjadi apabila penyakit menyerang tanaman muda yang peka sehingga menimbulkan gejala kresek, dapat menyebabkan tanaman mati.




PENGENDALIAN
Dalam upaya pengendalian penyakit hawar daun bakteri ini akan lebih berhasil apabila dilaksanakan secara terpadu. Yang diantaranya ;
(1) penanaman varietas yang tahan,  (2). pembuatan persemaian kering atau tidak terendam air, (3). jarak tanam tidak terlalu rapat, (4). tidak memotong akar dan daun bibit yang akan ditanam, (5). air tidak terlalu tinggi pada waktu tanaman baru ditanam dan menghindari pemberian pupuk N yang terlalu tinggi. (6). Sanitasi lingkungan


Adapula beberapa upaya pengendalian untuk mengatasi penyakit ini yaitu dengan memanfaatkan agens hayati Corynebacterium.